Selasa, 06 Desember 2011

life is a choice! (between osis and dance)

pastinya kita sudah terbiasa dengan kalimat "hidup adalah pilihan" . kalimat itu simple, tegas, terdiri dari 3 kata, dan yah keren. 1 kalimat 3 kata, bisa dijabarkan menjadi berbagai macam kalimat sesuai dengan penafsiran masing masing.

hidup adalah pilihan! jadi pilih lah! sesulit apapun mau tidak mau tetap harus memilih. kita harus berani memilih jalan yang kita inginkan. tapi ketika kita telah memutuskan sebuah pilihan hidup ,  benar ataupun salah pilihan tersebut itu tanggung jawab diri sendiri, bukan orang lain.jadi pikirkan lah pilihan pilihan tersebut sebelum memilih.

saya sudah sering berada dalam posisi yang sangat rumit yap.. memilih. pilihan nya memang simple dan dua2nya sangat menjanjikan tapi bagaimanapun saya harus tetap memilih. karena hidup memang untuk memilih.

konflik pilih memilih yang barusaja saya alami adalah akhir november kemarin. saya dan teman - teman saya mewakilkan sekolah saya untuk menari di acara pernikhan anak bapak kepala dinas pendidikan sekota medan, dan beliau termasuk salah satu orang penting di medan. saya sudah berlatih sebulan penuh untuk ini. saya sudah mulai nyaman dengan keadaan ini. sampai suatu hari munculah konflik baru.

ternyata penyeleksian osis sma negri 1 medan akan dilaksanakan akhir november ini, dan saya harus mengikutinya. yah saya harus berpartisipasi di dalamnya. karna organisasi itu penting bagi kelangsungan hidup saya disekolah ini. banyak keuntungan yang kita dapat dari organisasi ini.

mulai dari saya SMP saya sudah aktif mengikuti organisasi oganisasi yang ada, saya jugak pernah menjabat sebagai bendahara ikatan pelajar muhammadiyah semasa SMP (osis) dan banyak lagi.

saya sangat bersemangat mengikuti osis ini, mulai dari ikut technical meeting, nyiapin buku tanda tangan, buku catatan, visi dan misi sampai pada akhirnya diumumkan bahwa akan diadakannya persami osis. nah persami inilah penentuan masuk atau tidak nya kita di osis. persami osis akan diadakan tanggal 23 desember .

yah masalah nya adalah bentrok waktu antara persami dan menari, harinya sama meeeeen! kalo saya pilih tari,  enggak ngebayangin, semua tanda tangan kakak osis yang sudah saya carik selama ini hilang begitu aja, gak guna! kalau saya milih osis ; semua waktu bolos selama sebulan yang sudah saya relakan buat latihan nari, tambah kaki pegel pegel bakal hilang gitu aja. OH NO!! BIG NO!

dalam kegalauan saya, saya menanyakan kepada babah saya masalah ini. babah said " adek udah dewasa, adek harus bisa milih yang mana yang baik dan yang mana yang benar, adek harus yakin yang mana yang terbaik buat adek, jadi akhir - akhirnya jugak entar enggak nyesal. tetapkan yang mana menjadi prioritas adek. tetapkan hati adek disuatu tempat. jangan hanya karna masalah milih memilih ini yang bakal adek temui dikehidupan mendatang bisa buat adek pusing (galau iya bah ! ) menentukan pilihan hidup memang bukan perkara mudah, apalagi jika resiko didalamnya diperkirakan sama-sama memiliki imbas yang cukup besar yang tidak hanya pada diri sendiri tapi juga pada orang disekitarnya..ingat dek, hidup pilihan sampai kapanpun itu adek harus bisa memilih, mau enggak mau, suka atau tidak suka adek harus memilih. kalau adek masih bingung, segeralah sholat istikharah, do'a sama allah. baba ingetin yah, hidup adalah pilihan!dan hidup ini terlalu singkat untuk dilalui dengan pilihan yang salah…" waw! super sekali itu dalem teman teman dalem.

'jadi adek gak usah ikut osis lah ya?" tanyaku. "terserah adek, kalau itu pilihan adek ya sudahlah, tapi inget organisasi itu penting. organisasi bisa mengajarkan kita cara memimpin, punya banyak teman, mengajarkan cara bertangung jawab. kalaupun adek enggak masuk osis adek babah masukin lagi ke organisasi muhammadiyah" jawab babah.

oh man IPM? shtttttttttttttt.... bukannya enggak asik yahh. IPM itu ikatan pelajar muhammadiyah, itu markas nya atau basecamp nya di ruang di bawah mesjid. yah otomatis di mesjid juga kan.. terus gak bisa ribut kan. manalagi setiap pertemuan anak cewek harus makek rok. cukup sudah lah! cukup aja saya make rok cuma di sekolah ini. huh.. terus semua kelakuan kita diatur dengan norma norma yang sangat sangat mengikat. manalagi ada AD ART nya. huh..

akhirnya setelah sholat istikharah, bersemedi di gua bersama mbah maridjan dan berendam di laut selatan bersama nyi roro kidul akhirnya ssaya memutuskan untuk memilih nari!

karena apa? penasarankan? iyakan? haha ngaku deh! *plak*digampar. yah karena saya pikir saya sudah berkomitmen dari awal dengan maam emi kalau saya sanggup nari di acaranya bapak kepala dinas pendidikan itu, lagian banyak banget orang yang dirugikan, banyak yang bersangkut paut dalam hal ini kalo saya ninggalin tarian ini, manalagi entar teman-teman saya bakal kecewa karna harus ganti posisi lagi. saya yakin ini yang terbaik.

jadi guys, inti dari cerita saya ini adalah : hidup adalah pilihan dan hidup ini terlalu singkat untuk dilalui dengan pilihan yang salah! keep smile, keep spirit, and do the best! see you on the next post yah :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar